Thursday, June 4, 2015

Solusi "e-Government" Meningkatkan Daya Saing Daerah

Latar belakang dari e-Government yang ada di indonesia adalah :
  1. UU Otonomi daerah No. 22 thn 1999 tentang Pemerintahan Daerah
  2. INPRES No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.
  3. Kebijakan publik " Good Corporate governance"
e-Government adalah Suatu sistem informasi manajemen berbasis elektronis untuk membantu pemerintah dalam menyediakan informasi, memberikan layanan umum, dan memungkinkan adanya transaksi secara online baik ke badan / perusahaan lain maupun dengan masyarakatnya dengan kualitas yang lebih baik.

E-Gov sangat di perlukan untuk:
1. Standarisasi Layanan Masyarakat :
  • Memberikan kepastian kepada masyarakat.
  • Berkembangnya kepercayaan Masyarakat dan dunia usaha kepada pemerintah kota maupun pemerintah kabupaten
2. Pengembangan usaha
  • Internal (iklim kondusif antara pemda - masyarakat - dunia usaha
  • Eksternal ( menarik investasi )
3. Pengembangan potensi Masyarakat
  • Edukasi yaitu meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat
  • Kesehatan yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Beberapa komponen utama keberhasilan penerapan e-Gov adalah :
- Leadership
- Infrastruktur
- Peraturan Perundang - Undangan
- Penyiapan kompetensi SDM
- Dana dan Anggaran
- Kemauan untuk melakukan perubahan

Adapun tahapan tahapan dalam pengembangan e-Gov adalah :
1. Pengembangan infrastruktur fisik
  • LAN Kantor Pemerintahan
  • Jaringan interkoneksi LAN antar kantor Pemerintahan
  • Koneksi ke internet (Untuk akses ke dunia luar dan akses masyarakat ke pemerintah)
2. Pengembangan aplikasi dan content :
  • Aplikasi internal Pemda
  • Aplikasi layanan masyarakat
  • Aplikasi layanan dunia usaha
3. Pengembangan SDM
  • Pegawai Pemda
  • Masyarakat

E-Government service meliputi :
- Terdapat fleksibelitas / pilihan untuk akses e-goverment :
  • Datang langsung ke kantor pelayanan
  • via telephone
  • via internet
  • melalui MCT (Multi purpose Community Telecenter)
- Akses secara online ke layanan dan informasi government
- Adanya layanan dengan privacy dan security tinggi
- Adanya fleksibelitas waktu untuk memperoleh pelayanan.

Secara umum di temukan beberapa kendala / Hal yang harus diperhatikan yaitu :
  • GCG (Transparency, Accountability, Responsibility, Fairness)
  • Leadership
  • Infrastruktur
  • Peraturan Perundang-Undangan
  • Penyiapan Kompetensi SDM
  • Dana dan Anggaran
  • Kemauan untuk melakukan Perubahan.

Pemateri : Bilpen Nainggolan
Kegiatan : Seminar Nasional Teknologi Informasi
Tema : Solusi Permasalahan Social Engineering dalam Penerapan E-Government"
Tanggal : Bandung, 09 Maret 2004

No comments:

Post a Comment