a. Adanya kerangka e-government nasional berdasarkan Inpres No. 3 Thn 2003
- E-gov daerah otonom dan instansi pusat harus sesuai dengan kerangka nasional untuk menjamin integrasi
b. Pertimbangan strategis manajemen
- Prioritas kebutuhan
- Ketersediaan sumberdaya pendukung
- Sumber daya manusia
- Finansial
- Kepemimpinan dan regulasi
- Manajemen sistem informasi
Metodologi Penyusunan Master Plan Pengembangan E-Gov antara lain :
A. Metodologi Tambal Sulam
- Persepsi E-gov adalah pengembangan sistem informasi
- Tidak mempertimbangkan sustainability sumber daya pendukung
- Lebih bersifat reaktif, tidak ada rencana strategis :
- Rentang waktu pengembangan
- Tahap-tahap target
- Manajemen sumber daya pendukung
- Bagaimana mengorganisasikan data yang terpisah pisah? bagaimana mendapatkan data strategis lintas sistem?
- Bagaimana mengadakan langkah-langkah pemeliharaan
- Penambahan sistem informasi baru harus disertai lagi dengan infrastruktur server atau jaringan komunikasi, padahal infrastruktur tersebut dapat lebih dihemat dengan pemakaian bersama-sama.
- Memberikan visi atas keseluruhan gerak pengembangan e-government
- Kemudahan dalam sosialisasi dalam rangka pembentukan visi bersama sebagai langkah penting untuk transformasi organisasi
- Terintegrasi dengan strategi manajemen pemerintahan institusi terkait
- Kemudahan kontrol dan evaluasi atas keberjalannya, karena adanya framework dan target periodik.
- Kemudahan pengembangan untuk perencanaan rentang waktu selanjutnya, karena semua rencana dan kunci sukses dievaluasi dan tercatat.
Aspek - Aspek Perencanaan yaitu :
- Lapisan Struktur
- Akses
- Aplikasi layanan
- Organisasi pengelolaan dan pengolahan informasi
- Pilar pendukung
- Manajemen perubahan
- Kebijakan
- Kerangka peraturan
- Analisa kebutuhan masyarakat
Tinjauan Aspek meliputi :
1. Akses yaitu jaringan telekomunikasi jaringan internet dan media komunikasi lain yang dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk mengakses aplikasi layanan
2. Aplikasi Layanan yaitu aplikasi layanan publik (warga dan bisnis ) yang mengintegrasikan proses pengolahan dan pengelolaan informasi dan dokumen elektronik di sejumlah instansi yant terkait ; juga aplikasi layanan untuk manajemen.
3. Organisasi Pengelolaan dan Pengolahan Informasi yaitu organisasi pendukung (back -office) yang mengelola, menyediakan dan mengolah transaksi informasi dan dokumen elektronik
4. Infrastruktur dan aplikasi dasar yaitu semua prasarana baik berbentuk perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukurn pengelolaan, pengeolahan, transaksi, dan penyaluran informasi. Baik antar back-office antar aplikasi layanan dengan back-office, maupun antara aplikasi layanan dengan jaringan internet, secara handal, aman dan terpercaya.
Alokasi Sumberdaya
Penyusunan rencana kebutuhan sumber daya :
- Identifikasi tren
- Rencana Perangkat Keras
- Rencana Personel
- Rencana Jaringan komunikasi data
- Rencana Fasilitas
- Rencana Finansial
Project Planing
Mengevaluasi proyek dan penyusunan rencana Proyek :
- Evaluasi Proyek
- Identifikasi Pekerjaan
- Estimasi Biaya
- Checkpoints
- Tanggal Selesai
Key Succes Factor For e-Gov
- Kecukupan waktu mulai survey sampai dengan akhir
- Tingkat kooperasi tim konsultan dengan tim partner dan manajemen secara umum
- Dokumentasi hasil kerja selama proses survey, penyusunan,
- Komitmen Leadership :
a. Periode Target
b. Sumber daya pendukung : finansial, manajemen
- Sosialisasi
Pemateri : Dr Suhono Harso Supangkat (Associate Profesor ITB)
Kegiatan : Seminar Nasional Teknologi Informasi
Tema : Solusi Permasalahan Social Engineering dalam Penerapan E-Government"
Tanggal : Bandung, 09 Maret 2004
No comments:
Post a Comment